Rabu, 18 Februari 2009

CONTOH RPP


CONTOH

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


(RPP)




Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 LINGKUNGAN


Mata Pelajaran : GEOGRAFI


Kelas / Semester : XI IPS / I (Satu)


Standar Kompetensi : Siswa mampu memahami Sumberdaya Alam


Kompetensi Dasar : Siswa mampu menjelaskan Sumber Daya Alam, Jenis-jenis Sumber Daya Alam, Pemanfaatan dan pengolaannya

Alokasi waktu : 1 X 90 menit


Indikator :


a. Mendiskripsikan pengertian Sumber Daya Alam

b. Menjelaskan Jenis-jenis Sumber Daya Alam

c. Menjelaskan Pemanfaatan & pengelolaan Sumber Daya Alam




A. Tujuan Pembelajaran


1. Siswa dapat menjelaskan pengertian Sumber Daya Alam

2. Siswa dapat mengklasifikasikan jenis-jenis Sumber Daya Alam

3. Siswa dapat menjelaskan pengelolaan & pemanfaatan Sumber Daya Alam di Indonesia



B. Materi pembelajaran


1. Pengertian Sumber Daya Alam

2. Jenis-jenis Sumber Daya Alam

3. Pengelolaan & pemanfaatan Sumber Daya Alam



C. Metode Pembelajaran


Ceramah, Tanya Jawab, dan Diskusi.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran


MEMBUKA PELAJARAN


    • Guru memberikan salam dan berdoa

- Siswa menjawab salam dan berdoa

    • Guru melakukan absensi

- Siswa mengikuti absensi

    • Guru mengkondisikan kesiapan siswa mengikuti kegiatan belajar

- Siswa mulai konsentrasi pada pelajaran



1. Menjelaskan pengertian Sumber Daya Alam

2. Mengklasifikasikan jenis-jenis Sumber Daya Alam



KEGIATAN INTI


  • Guru menyajikan materi secara umum sebagai pengantar

- Siswa mendengarkan dan memperhatikan

  • Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya

- Siswa mulai bertanya apabila ada materi yang kurang jelas

  • Guru memberikan pertanyaan kepada siswa

- Siswa mulai menjawab pertanyaan


PENUTUP


    • Guru menyimpulkan materi

- Siswa mendengarkan dan memperhatikan

    • Guru memberikan pekerjaan rumah

- Siswa mencatat pekerjaan yang diberikan oleh guru


E. Sumber Dan Media Pembelajaran

  1. Sumber : Referensi yang terkait yaitu IPS Geografi Kelas II SMA

  2. Media : Papan tulis, Spidol, Penghapus, Gambar



F. Evaluasi


Teknik Penilaian

Bentuk Istrumen

Instrumen

Tes Lisan

Menjawab Pertanyaan

  • Kecepatan menjawab

  • Ketepatan menjawab

Tes Tulis

Soal Tertulis

  • Ketepatan dalam menjawab soal atau pertanyaan

  • Ketelitian dalam mengerjakan


G. Penilaian


- Keaktifan dalam mengikuti kegiatan Belajar mengajar

- Keaktifan dalam diskusi atau persentasi

- Aktif dalam mengerjakan tugas-tugas

- Mampu dalam mengerjakan tugas-tugas maupun ujian atau tes





Mengetahui, Jember,18 Februari 2009



Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
































Tidak ada komentar:

Posting Komentar